KESEHATAN GIGI DAN MULUT

CARA MENCEGAH KARANG GIGI



Cara mencegah karang gigi dengan mudah dan cepat
Ini adalah cara mencegah karang gigi yang paling mudah dan terbaik yang bisa Anda lakukan:
  1. Menyikat gigi teratur sebanyak dua kali sehari selama 2 menit. Jika Anda hanya menyikat gigi selama 30 detik saja atau satu menit, tidak akan membuat karang hilang dari gigi Anda. gunakan sikat yang lembut dan cukup kecil agar bisa masuk ke sela-sela gigi. Pastikan ketika menyikat gigi, Anda menjangkau semua bagian gigi.
  2. Jika susah, beralihlah ke sikat gigi elektrik. Beberapa penelitian menunjukkan bila penggunaan sikat gigi elektrik ini lebih efektif menghilangkan karang dan plak di gigi.
  3. Menggunakan pasta gigi yang tepat. Pilihlah pasta gigi yang bisa menghilangkan karang gigi dan disertai dengan kandungan flourida yang tinggi. Kandungan flourida yang banyak di dalam pasta gigi akan membantu melindungi gigi Anda dari kerusakan dan mencegah untuk tidak keropos.
  4. Menggunakan benang gigi (dental floss). Meskipun Anda telah rutin menyikat gigi, tetap saja ada bagian gigi yang tidak terjangkau dengan sikat. Anda bisa mengandalkan benang gigi untuk membersihkan sela-sela atau bagian gigi yang tidak terjangkau sebelumnya.
  5. Memakai obat kumur dengan teratur. Pastikan obat kumur mengandung antiseptik, sehingga dapat membantu mematikan bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut. Obat kumur juga dapat membuat karang gigi lebih mudah untuk dibersihkan.
  6. Perhatikan diet Anda. Alasan mengapa gigi Anda dipenuhi dengan karang adalah pola dan pemilihan makanan tidak baik selama ini. Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan manis, maka semakin banyak bakteri yang ada di dalam mulut Anda. apalagi jika Anda tidak langsung membersihkan gigi setelahnya. Makanan yang mengandung gula tinggi adalah makanan yang paling diinginkan oleh bakteri. karena itu, sebaiknya Anda menghindari makan makanan manis dan perbanyak minum air putih setelah makan.
  7. Jangan merokok. bahan kimia yang ada di dalam rokok bisa membuat gigi Anda dipenuhi karang. Oleh sebab itu lebih baik Anda menghindari kebiasaan merokok.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

BIOIDATA

FEBRIYANTI.B

FOTO-FOTO PERAWAT GIGI

Cari Blog Ini

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.